Pengenalan Linux

Assalamualaikum Wr. Wb

Ane mau bercerita sedikit tentang linux, so simak ya!

Pengenalan Linux
Linux adalah sistem operasi  berbasis UNIX yang dapat berjalan di berbagai macam perangkat keras terutama di PC berbasis Intel x86. Dikatakan berbasis UNIX karena Linux dikembangkan menurut standar   yang   dimiliki   UNIX   dan   kemampuan   yang   sama   dengan   UNIX.   Artinya   Linux   memiliki kemampuan baik sebagai server maupun workstation layaknya UNIX. Pada awalnya Linux hanya berjalan di platform Intel x86 termasuk AMD Cyrix dan lainnya. Namun seiring dengan berkembangnya jumlah pengguna Linux dan para pengembangnya maka sekarang Linux telah berjalan pula pada MacIntosh (Motorolla), Sun Sparc, DEC Alpha , Amiga , strongARM dan masih banyak lagi.
Perkembangan Linux sangat didukung oleh lisensi yang digunakan oleh Linux yaitu GNU General Public   License   (GNU   GPL).   Secara   singkat   GNU   General   Public   License   memungkinkan   suatu aplikasi   (   termasuk   sistem   operasi   )   untuk   secara   bebas   digunakan   dan   disebarluaskan   dimana
pengguna/penerima software berhak menerima kode asal ( source code) dari aplikasi tersebut beserta semua hak yang diijinkan oleh penulis asli. Aplikasi tersebut dapat dimodifikasi maupun digunakan dalam aplikasi lain dimana lisensi dari aplikasi perubahan/baru tetap pada GNU GPL . Penulis asli hanya  bertanggungjawab pada kode asli dan  tidak  bertanggungjawab terhadap implikasi perubahan yang dilakukan pada aplikasi tersebut. Penyebarluasan aplikasi yang telah dirubah tetap mencantumkan penulis asli , kode asli, kode perubahan yang ditambahkan dan penanggungjawab perubahan tersebut. Dengan GPL bukan berarti tidak memungkinkan adanya komersial, paling tidak biaya dapat ditarik dari biaya kopi media distribusi. Jasa layanan seperti dukungan teknis dapat merupakan produk komersial.

Mengapa menggunakan Linux?
Dengan   GNU   GPL   Linux   menawarkan   sebuah   sistem   operasi   sekelas   UNIX   dengan   biaya   murah. Terutama   bagi   perusahaan   dengan   kapital   kecil   Linux   memberi   angin   segar   terhadap   investasi
perangkat lunak yang dibutuhkan. Dengan fasilitas yang dimiliki Linux , maka Linux merupakan alternatif sistem operasi yang patut dilihat terhadap sistem operasi lainnya seperti Windows NT, UNIX , SunOS dan lainnya. Bagi   pengguna   UNIX   ,   Linux   dapat   menjadi   personal   UNIX   yang   digunakan   sebagai   sarana pemrograman termasuk pemrograman database dan X­Windows.


EmoticonEmoticon